Sabtu, 01 Mei 2010

FOSIL DINOSAURUS

Fosil Dinosaurus Ditemukan di China


Sebuah fosil tulang rusuk sepanjang 1,8 meter telah berhasil digali dalam fase kedua penggalian di situs fosil Dashanpu, Kota Zigong, Provinsi Sichuan, China. Para ahli memperkirakan berdasarkan proporsionalitasnya, panjang dinosaurus tersebut lebih dari 20 meter. The Zigong Dinosaur Museum telah mengizinkan publik untuk menyaksikan proses penggalian yang dimulai sejak 1 Oktober lalu.


Menurut laporan Xinhua Net’s China, Wakil Direktur Museum Peng Guangzhao mengatakan, “Ini adalah fosil tulang rusuk terpanjang yang pernah saya lihat. Berdasarkan pertimbangan keadaan dari keawetan dan konektifitasnya, fosil ini milik dinosaurus yang utuh.”


Fosil yang telah ditemukan selama masa penggalian ini adalah termasuk satu dinosaurus tersendiri. Kemungkinan ini lebih besar dari semua Omeisaurus tianfuensis yang ditemukan di situs fosil Dashanpu. Mungkin juga lebih besar dari Omeisaurus tianfuensis yang tergali di Lungtienfu, yang merupakan fosil terbesar kedua di Asia dan juga dipamerkan di museum ini.


Perkiraan awal yang dilakukan oleh para ahli mengindikasikan bahwa di daerah ini terdapat ladang seluas 300.000 meter persegi mengandung fosil dinosaurus. Diantara lebih dari 10.000 meter persegi dipenuhi dengan fosil-fosil, dan sejauh ini hanya 2800 meter persegi yang telah tergali.


Menurut para ahli, seluruh ladang dipenuhi dengan fosil-fosil. Mengandung lebih dari 1000 tulang tengkorak; nominal tulangnya berjumlah sekitar ratusan ribu bahkan jutaan. The Zigong Dinosaur Museum memulai fase kedua penggalian di situs fosil Dashanpu pada 12 September lalu. Penggalian akan mencakup lebih dari 400 meter persegi dengan kedalaman lebih dari 10 meter.


Dalam 40 meter persegi dari yang telah tergali, 50 potong fosil dinosaurus telah tergali. Potongan terpanjang tulang rusuk berukuran 1,8 meter, sedangkan tulang paha terpanjang adalah 1,5 meter. Situs fosil Dashanpu mengandung geologika dan reruntuhan paleontologi terkenal dari periode Jurassic pertengahan.


Sebelumnya telah diadakan beberapa penggalian dalam berbagai skala pada 1972 dan 1979-1985. Dengan 2.800 meter persegi tergali, hampir 300 tengkorak dari vertebrata purbakala, sebagian besar adalah dinosaurus, telah berhasil digali dan dikenali. Lebih dari 20.000 tulang yang telah memfosil telah dikumpulkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar